Selasa, 28 Juni 2011

Suzuki Siapkan GS150R Facelift! Cocok Jadi Kakak Thunder 125



Setelah meluncurkan New Thunder 125 di Indonesia, Suzuki juga sedang menyiapkan Suzuki GS150R Facelift di India. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, GS150R enggak banyak berubah. Nah di 2011 ini akan muncul versi terbarunya.

Secara penampilan tak banyak berubah. Hanya pemilihan warna baru yaitu putih dengan desain cover headlamp baru. Tapi bentuk lampunya masih sama.

Bodi belakangnya sedikit direvisi, khususnya di area bawah tanki. Bentuk baru juga nampak pada knalpot. Tapi panel indikator digitalnya tetap sama.


Begitu juga dengan pelek, roda dan suspensinya dari foto yang diperoleh di motorbeam ini tetap sama. Sedang waktu peluncurannya, akan dilakukan pada bulan Oktober 2011 mendatang.

Desain ini sebenarnya jauh lebih menarik bila dibandingkan dengan Thunder 125. Pantas jadi varian diatas Thunder 125. Seandainya masuk Indonesia, minat membeli?

Jumat, 24 Juni 2011

Yamaha Byson 2011, Keracunan...!



Modifikasi ini terjadi akibat keseringan baca tabloid MOTOR Plus. Hampir setiap minggu beli. Lihat ubahan  motor sport. Kebetulan saya punya Byson 2011,” tegas Kadek Kadriawan dari Pontianak, Kalimantan Barat yang sepertinya keracunan MOTOR Plus.

Di Kalimantan jarang yang punya motor modifikasi. “Biar tampil beda dan asyik, makanya mengubah tampilan kuda besi kesayangan ini,” tunjuk Kadek lagi.

Padahal, sebelumnya dia gak mau lho mengubah motornya itu. Tapi, karena perkembangan modifikasi di Pontianak rada lamban, gak ada salahnya juga pria ramah ini menarik perhatian orang lain dalam bentuk modifikasi.

Meski begitu, modifikator Pontianak juga tidak kalah bagus. Apalagi di sana sering digelar contezt modifikasi yang ramai diikuti banyak builder keren yang tidak kalah dengan modifikator Jawa.

Bicara konsep, ada acuan sendiri. “Yaitu  bolt-on streetfighter. Jadi, enggak ada yang perlu dipotong pada bagian bodi dan rangka,” buka Rudi Gunawan dari Berkat Motor (BM) soal modifikasi Byson milik Kadek ini. 

Bagi Rudi, baju asli keluaran Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) masih kurang galak. Harus dibikin sangar, cukup bermodalkan fiberglass, dia hanya menambah bodi agar sedikit seram.

Kini jadi terlihat sedikit lebih lebar. “Pemasangannya pun enggak terlalu ribet. Juga tidak memotong cover yang lain. Kedudukan baut juga sudah pakai cover tutup samping yang sudah ada. jadi jelas tidak merusak atau membuat dudukan lagi. Seandainya mau dibalikin seperti standar juga bisa kok," ucap pemilik workshop di Jl. Ciledug Raya No.1, Kreo, Ciledug, Tangerang.


Biar enggak terlihat kekosongan di sekitar bawah tangki bensin, Rudi memutuskan untuk membuat deltabox. Lalu, pemakaian part bodi ini juga memberi kesan Byson jadi lebih bergaya. Bodi ini dibuat dari bahan fiberglass. Dan dudukan baut mengambil tempat dari cover aki yang ada di bagian bawah.

Masih ngomongin tentang bolt-on, cover mesin bawah juga dibuat dari bahan yang sama. Tapi, desain mengambil tema Dainese. Jadi bentuknya menggambarkan garis-garis tajam. "Part ini juga bisa dipasang ke Yamaha V-xion," tambah pria yang gemar makan mie ayam ini.

Selanjutnya, di bagian jok konsep single sitter juga diterapkan. Tapi, yaitu tadi, Rudi lagi-lagi memakai bolt-on. Bagian cover jok belakang, peranti yang bahannya dari fiberglass ini bisa dengan mudah untuk dibongkar-pasang. Karena hanya mengunci di bagian samping tepatnya sisi kiri dan kanan.

Ini mirip dengan modifikasi Yamaha Byson yang pernah jadi cover di MOTOR Plus. Namun sekarang lebih bagus dan berbeda karena sudah pakai kaki-kaki yang punya ukuran lebih gede.

Obat Sangar

Biar sangar, kaki-kaki mengaplikasi yang lebih gede. Buat belakang comot punya Suzuki GSX400 yang punya lebar 4 inci. Yang depan mengadopsi upside down punya Aprilia RS125 yang punya lebar 3 inci.

“Ukurun pelek depan lebih kecil yaitu 17 inci. Sedangkan buat belakang pakai 18 inci,” ucap Rudi. Setiap orang punya selera begitu halnya juga dengan Kadek.

Pria yang buka usaha kecil-kecilan ini ingin memakai cakram depan-belakang. Alasannya, kalau motor gede tak pakai pengereman ganda kurang pas. Apalagi, Byson hanya stau rem, yaitu bagian depan.

Selanjutnya, kondom arm standar diakui kurang begitu mumpuni untuk aplikasi pelek lebar. Makanya, modifikator berpotongan seperti tentara ini membuat kondom baru yang sesuai dengan peranti itu.

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 110/70-17
Ban belakang : Battlax 150/70-18
Headlamp : Custom
Knalpot: Custom
Setang : Aftermarket
Sepatbor : Custom
Berkat Motor    : (021) 93517093

Selasa, 21 Juni 2011

Kontroversi Alur Ban Terbalik, Roda Depan Boleh Ke Mana Aja...?



  Alur roda depan terbalik biasanya diterapkan pada motor sport berkapitas besar
Ada kontroversi kecil soal arah groove atau pattern atau coakan di ban. Lantaran beberapa motor sport cc besar menerapkan arah groove terbalik di roda depannya. Sementara, motor-motor yang dipasarkan di Indonesia menggunakan ban dengan arah coakan yang searah roda belakang.

Sebelum menjawab itu, ada baiknya mengenali dulu fungsi alur coakan di ban. Menurut Dodiyanto, coakan berfungsi untuk membuang air atau kotoran. "Sehingga saat melintas jalan basah atau berpasir, roda masih menggigit. Biasanya, alur coakan tadi untuk membuang kotoran atau air ke luar jalur ban," jelas pegawai PT Gajah Tunggal, produsen ban IRC bagian New Product Development itu.

Atas dasar itu, kita jadi aneh jika melihat ban yang menerapkan arah coakan terbalik. Kan biasanya kita melihat ban dengan alur coakan dari bagian tengah rapat, lalu melengkung ke samping melebar. Terbalik, jika bagian sampingnya melengkung ke arah tengah.

Toh kenyataannya ada yang seperti itu. Ban dengan alur coakan terbalik. "Biasanya itu ditemukan di ban-ban motor sport berkapasitas besar buatan luar negeri. Misalnya, Pirelli atau Dunlop," ujar Risa, Manajer Marketing PT Suryaraya Rubberindo, produsen ban FDR.

Untuk menjelaskan kenapa roda depan motor sport kapasitas besar mengaplikasi ban dengan alur terbalik, baik Dodi dan Risa sepakat, itu benar. Ini ada penjelasan secara teknisnya.

"Sebab, ban depan itu hanya mengikuti roda belakang. Power mesin tidak diberikan di situ. Sebaliknya, justru roda depan berfungsi saat pengereman. Karena saat mengerem, kita lebih dulu mengerem roda depan," beber Risa dan Dodi.

Karena fungsinya justru pada saat mengerem, berdasarkan teori, dengan arah terbalik, grip roda depan justru menguat. Jadi, jarak pengereman makin bagus, dan tetap stabil.

"Teorinya, saat mengerem, walaupun arah roda tetap bergerak ke depan, tapi, akibat pengereman agak gerak ke belakang sebagai kontranya. Ini berarti ada tenaga yang diterima oleh roda belakang. Makanya, dengan alur coakan terbalik, gigitan dan grip ban makin baik," kata Dodi dan Risa lagi.

Pertanyaan selanjutnya, kenapa ini berlaku untuk motor sport dengan kapasitas besar. Jawabannya simpel. Karena, motor sport itu kecepatannya tinggi. "Biasanya, yang menerapkan ban depan alur terbalik, speknya untuk kecepatan di atas 180 km/jam," sebut Dodi lagi.

Pertanyaan terakhir, gimana kalau bebek dan motor dengan kecepatan di bawah itu menerapkan ban depan alur terbalik? Dodi dan Risa menjawab, "Sah-sah saja! Tapi, masalahnya jadi enggak enak dilihat. Jadi aneh dan enggak sporty. Tapi, ban belakang tidak boleh dibalik."

Jumat, 17 Juni 2011

Byson Upgrade Yamaha F16 Mesin Total

Weleh weleh weleh,,, ga puas dengan mesin setandar Pria dari india ini punya ide untuk mengganti Full Set Mesin, tidak tanggung-tanggung mesin dengan kapasitas 250cc yang dia pilih untuk menggantikan mesin FZ yang punya mesin seiprit. Pria ini mengeluhkan dengan body yang kekar cuma dibekali mesin yang cuma 150cc dan pada akhirnya di punya angan-angan menganti total seluruh mesin dengan yang punya tenaga yang mumpuni (bukan cuma upgrade piston, noken as, kruk as, dll).


Sayangnya data-data yang tidak mendetail, mesinnya menggunakan apa??? trus biaya yang dikeluarkan berapa??? jadi untuk BYONIC ya cuma bisa kasih jempol aja....


Specsifikasi
250cc, 
4 Valve, DOHC, 
Berpendingin Cairan, 
6 Percepatan, 
Daya Maxsimum 25ps, 
Torsi Maksimum 21.5Nm.
All systems, switches, indicators, interlocks functional in the bike.
Presently working on 6 Gear indicator display, Engine temperature and battery voltage display.


Kamis, 16 Juni 2011

Tangki Plastik Tahan Bocor Dan Aman


Selama ini,
modifikasi ala motor spesial engine atau SE dan adventure, banyak terbentur pada bahan pembuatan tangki bensin. Banyak orang mengakali kendala itu dengan menggunakan pelat besi atau fiberglass. Akibatnya, tetap dirasa tidak aman, juga gampang bocor

Tangki plastik solusinya. Tahan bocor, aman, harga terjangkau. Sudah diluncurkan Ocin Mulyanto yang terkenal sebagai bapak part grasstrack murah. “Hanya dibanderol Rp 375 ribu. Sudah termasuk tutup tangki dan keran bensin,” jelas pemilik Anugerah Motor itu.

“Ada model KTM 85, Honda CRF250, CRF150 dan YZ125. Tangki sudah dilengkapi lubang baut yang siap dipasang pada cover bodi,” rinci pedagang yang juga pelopor balap motocross di wilayah 3 Cirebon.

Selanjutnya, silakan lihat dan pegang langsung barangnya di Jl. Kertasmaya No. 124, Indramayu, Jawa Barat. Telepon (0234) 356-100. 

Kamis, 09 Juni 2011

Kapan Idealnya Ganti Oli


Banyak
pemilik motor masih ragu atau mempertanyakan waktu ideal untuk ganti oli. Hal itu juga dipengaruhi klaim produsen yang bisa sampai 10 ribu km. "Tapi, idealnya ganti oli itu setiap 2.500 atau 3 ribu km saja," kata Ceppi Sugiarto, mekanik tim Cargloss AHRS beberapa waktu lalu.

Hal itu dikarenakan saat ini kondisi jalanan yang macet sehingga kondisi yang dihadapi mesin lebih ekstrem. "Saran itu untuk kebaikan dan umur mesin lho. Memang awalnya belum ada masalah, tapi jika dibiasakan lama mengganti oli, umur mesin atau komponen di dalamnya akan cepat rusak," lanjut mekanik berbadan besar ini.

Hal yang sama juga disampaikan Mito, mekanik yang mengawal rombongan moge keliling Indonesia dari Medan. "Untuk amannya perjalanan, diusahakan ganti oli teratur di 2.500 km saja. Terlalu berisiko jika telat ganti oli," ungkapnya.

Jadi, kalau mau mesin awet dan tetap sehat, ya memang jangan menunda ganti oli, Bro!

Piaggio Indonesia Diresmikan, Siap Bangun Pabrik di Indonesia!



Hari ini (9/6), PT Piaggio Indonesia (PI) diresmikan lewat ceremony dalam acara oficial launch and press confrence. Peresmian ini dihadiri Roberto Colaninno, CEO Piaggio Group dan Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta.

"Hari sangat penting bagi Piaggio. Aktifitas Piaggio di Indonesia dimulai dengan membuka kantor, membuat jaringan penjualan dan membangun komitmen dengan mitra dealer," buka Roberto Colaninno.

Sebelumnya, Piaggio lebih dulu membuka pabrik perakitan di Vietnam yang kemudian dilanjutkan dengan berekspansi ke banyak negara di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Mulai dari Korea pada Januari 2010, Thailand di bulan April 2010, Malaysia di Desember 2010 dan April 2011 di Taiwan. Kini giliran Indonesia, PT PI telah mempersiapkan diri sejak 6 bulan yang lalu dibawah pimpinan Sergio Mosca, Managing Director PT PI.

Pengembangan jaringan dealer telah dilakukan. Tahun ini PT PI berencana membuka 35 outlet di seluruh Indonesia dan akan terus ditingkatkan. Sedang untuk ketersediaan spare part sudah disiapkan gudang di Cikarang.

Dan menariknya, meski telah memiliki pabrik di Vietnam, Piaggio mengaku tidak menutup kemungkinan untuk membuka pabrik perakitan di Indonesia. "Dalam tahun pertama kita akan lihat respon pasar pada Piaggio sebelum mengambil keputusan," ungkap Roberto Colaninno

Senin, 06 Juni 2011

Dewa - Dewi Yunani

Dewi Yunani

1. Dewi Demeter

Demeter, Dewi Pertanian dan Kesuburan dianggap yang pertama mengajar manusia menggarap tanah dan memanen. Diberkahi kuasa mendatangkan kemakmuran dan kelaparan bagi manusia. Dikisahkan ia mempunyai kemampuan mengontrol musim dan merubah permukaan alam. Kini, lahan pertanian tumbuh subur di atas tanah dimana dipercaya perang Troya terjadi. Mungkin bukti kekuasaan Demeter untuk melahirkan kehidupan baru bahkan dibekas daerah perang legendaris dimana terjadinya pertempuran yang gagah berani.








2. Dewi Aphrodite


Aphrodite, dewi asmara dan kecantikan. Aphrodite yang sangat menarik, menggoda dewa dan manusia dengan kecantikannya yang menghipnotis. Ada yang mengatakan ia anak Zeus. Kisah lain, ia bangkit dari gelombang samudera terbentuk secara sempurna dan luar biasa menarik. Kecantikannya begitu mendebarkan dan membuat iri semua dewi lain di Gunung olympia. Dikisah Paris menentukan ia sebagai yang tercantik diantara semua dewi dan menghadiahkan padanya apel emas. Sebagai balasannya, Aphrodite memberikan Helen, wanita tercantik dibumi. Tapi tindakannya membangkitkan amarah Menelaus, Raja Sparta. Itulah penyebab terjadinya Perang Troya.
Aphrodite berpihak pada Troya dan setelah kekalahan mereka, dengan kekuatannya ia melindungi Aeneas, parajurit Troya. Dengan tawanya yang memikat dan kecantikan yang tak tertandingi ia bisa merayu dewa atau manusia manapun yang begitu ia dambakan. Dan dalam cinta segitiga, ia nikahi Hephaestus, dewa Gunung Olympia yang paling bersahaja. Sementara ia terus berselingkuh dengan Ares, dewa yang paling brutal.
Aphrodite: sensual, misterius, perayu yang berbahaya ini telah salah satu sifat mendasar dari wanita sepanjang zaman.

3. Dewi Athena


Athena, dewi kerajinan tangan, keterampilan rumah tangga dan perang. Sebagai dewi perang ia membanggakan kepandaian dewatanya dan kekuatannya yang luar biasa. Menurut legenda, ia muncul dalam keadaan dewasa lengkap dengan baju baja, sebagai anak Zeus. Dari semua anaknya, Zeus memilih Athena sebagai pembawa tameng dan halilintar. Musuh yang dhsyat bagi Troya, ia berperang di pihak prajurit Yunani dan dikisahkan ia berduka atas kematian Achilles. Tapi saat Troya jatuh dan Yunani mencemari kuilnya, ia menuntut balas. Dia meminta Poseidon menurunkan badai yang mengacaukan pulangnya kapal-kapal Yunani.
Penuh keberanian di medan perang, ia juga paham nilai utama perdamaian dan dikenal sebagai pelindung dan keterampilan dalam rumah tangga. Tak seperti lainnya yang lebih suka menyebut alam sebagai rumahnya, Athena sangat menyukai kota. Kota favoritnya adalah Athena, seperti namanya, dan dimana kuilnya, Parthenon, masih berdiri sebagai salah satu keajaiban dunia.

4.Dewi Artemis
Artemis, Dewi berburu. Sama liarnya dengan alam itu sendiri. Merupakan dewi suci bagi pemburu dan pelindung kaum muda yang dengan tenang mengatur tempat-tempat bumi yang liar. Saudari kembar Apollo ini terampil dalam memanah melebihi semua dewa di Gunung Olympia. Ia selalu membawa busur perak dan anak panahnya. Ia memihak Troya saat perang berlangsung. Ia turunkan angin utara yang dahsyat yang menghambat mereka untuk berlayar ke Troya. Baru setelah Yunani mengorbankan putri sulung Agamemnon bagi Artemis angin tersebut mereda.
Kini peninggalan Artemis terlihat pada wanita yang menentang tradisi dan menjalani hidup yang lebih individual  dan bebas, Secara samar diceritakan bahwa ia masih berdiam dihutan.









5. Dewi Hera

Sebagai saudari sekaligus istri Zeus, Hera adalah ratu dikahyangan dan menjadi sumber keirian dan kecemburuan bagi dewi lain di Gunung Olympia. Dia cantik dan juga licik. Hera adalah pelindung yang waspada bagi wanita yang sudah menikah karena ia sangat mengerti kepedihan pahit akibat ketidaksetiaan. Dan meskipun ia sangat sopan, ia sering mendendam pada mereka yang menghalangi niatnya. Karena Paris memutuskan dewi Aphrodite lebih cantik darinya, ia menjadi musuh besar bagi Troya yang tanpa ampun menggunakan kekuatannya bagi prajurit Yunani hingga Troya luluh lantak.
Legenda Hera mengungkapkan arti pepatah: “Amarah neraka tak seberapa panas dibandingkan amarah wanita yang terhina”.






7 Dewa Yunani

 1. Dewa Ares
Dengan nafsu untuk menghancurkan secara bengis dan kejam pada legendanya, merupakan cerminan sifat manusia yang paling buruk. Ia menjelajahi bumi menebar kehancuran dan kekejaman hingga nyanyian ratapan korbannya membahana di langit. Dalam perang Troya, dengan kekuatannya ia membantu prajurit Troya, Hector. Tapi Ares bukanlah pahlawan, ia tidak lebih merupakan pengecut yang lari dari medan laga saat terluka. Bahkan tangisnya terdengar di Gunung Olympia.
Kini, berabad-abad setelah kejatuhan Troya, Ares masih menebarkan bayang-bayangnya diseluruh dunia. Nafsunya akan kehancuran dan kepedihan bergema di sepanjang zaman.


2. Dewa Hephaestus





Di atas gunung Olympia, semua dewa lain berparas tampan. Kecuali Hephaestus yang digambarkan buruk rupa. Menurut legenda, karena ada perselisihan, Zeus melemparkan Hephaestus ke bumi dan membuat kakinya menjadi pincang selamanya. Apapun kekurangan yang ada dalam dirinya, ditutupi Hephaestus dengan kekuatan yang luar biasa. Dan meski ia cacat, atau mungkin justru karena itu ia ahli menciptakan objek-objek yang sangat indah. Dari bengkel kerjanya jauh di dalam bumi, penguasa api dan tempaan ini menciptakan istana, makam dan baju dewa-dewi, seperti: halilintar Zeus dan baju baja Athena.
Dalam perang Troya, ia juga menciptakan baju baja baru bagi Achilles. Tapi pengabdian sebenarnya tidak terwujud dalam perang tapi perdamaian, sebab ia juga dewa pelindung bagi seniman dan pengrajin. Hephaetus yang baik hati telah melimpahkan keindahan dan keahliannya pada umat manusia. Watak lemah lembutnya nampak dalam detil desain artistik dan pertasi manusia yang besar terhadap seni.

3. Dewa Dionysus


Satu-satunya dewa yang memiliki orang tua manusia adalah Dionysus. Anugerah ajaibnya, air suling buah anggur adalah pembawa kegembiraan maupun penyebab kegilaan. Ciptaannya yang memabukkan itu bisa membuat heboh peminumnya dan juga menyulut kekacauan akibat mabuk.
Pada masa kuno, pemujanya berkumpul di hutan dan menari untuk menghormatinya dan minum hingga mabuk. Prajurit Troya ingin terbebas dari kegelisahan dengan ramuan mujarabnya. Sungguh, itulah kenyataannya sepanjang zaman sampai saat ini.
Tapi Dionysus juga dikenal sebagai dewa teater dan beberapa puisi kuno terbesar dipersembahkan baginya. Dan semua yang terlibat, mulai dari penulis, aktor dan penyanyi, dianggap sebagai pelanyannya.
Jadi lain kali kalau anda minum anggur, bersulanglah untuk Dionysus. Tapi ingatlah garis tipis antara BERKAT dan KEHANCURAN yang terdapat dalam kenikmatan anggur tersebut.

4. Dewa Poseidon
Dengan air lebih dari 70 persen menutupi permukaan bumi adalah wajar apabila ditunjuk seorang dewa yang bertugas mengatur laut dan semua keajaibannya. Poseidon-lah yang bertugas untuk itu. Seperti laut yang temperamental, ia mengatur daerah kekuasaannya jauh dibawah permukaannya. Selama perang, Poseidon memihak Yunani, kaum pelaut. Tapi saat berlayar pulang, karena sombong atas kemenangan mereka, Poseidon menurunkan badai dan memporak-porandakan armada mereka.
Apakah melalui hembusan angin lembut maupun ombak ganas, Poseidon dengan trisula ditangan masih berbicara pada kita saat ini, sebuah kekuatan yang sama abadinya dengan gelombang pasang.


5. Dewa Zeus


Dari tahtanya di Gunung Olympia, Zeus mengatur dewa dan manusia dan menjaga alam semesta agar tetap tertib dan adil. Dengan senjata petir ditangannya, senjata yang paling ditakuti dibumi dan dikahyangan. Saat Troya genting, dewa-dewa lain memilih pahlawannya diantara prajurit tapi Zeus menolah berpihak. Ia menggunakan timbangan emasnya untuk menyeimbangkan takdir pahlawan-pahlawan Troya.
Dewa segala dewa ini sama sekali bukan teladan kebajikan. Suami yang paling tidak setia, mengejar dewi-dewi, meninggalkan jejak kecurangan, kesedihan dan kekerasan di masa lampau.
Dari perayaan internasional Olimpiade, kuil yang menakjubkan dan monumen untuk menghormatinya, legenda Zeus tetap kuat sebagaimana dewa itu sendiri.




6. Dewa Hermes

Hermes adalah dewa yang selalu bergerak. Terompah bersayap dengan tongkat perlindungan ditangannya, ia paling dikenal sebagai utusan Zeus dan pelindung para pengelana. Sesuai dengan itu, ia juga dewa pencuri dan perniagaan. Dikisahkan pada masa kecilnya ia mencuri kawanan ternak Apollo kemudian membuat harpa dari rumah kura-kura sebagai permohonan maafnya. Dikisahkan ia menolong Odysseus saat pulang dari Troya, dan sejak itu ia dihargai sebagai penolong para pengelana. Terkenal karena kekuatan fisiknya, ia juga dikenal sebagai pencipta olahraga balap lari karena ia selalu berlari cepat untuk menyampaikan pesan para dewa.
Sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran, Hermes lebih sering muncul dalam mitos dibandingkan dewa-dewa lain sehingga membuatnya paling disukai selain dewa lain di Gunung Olympia.


7. Dewa Apollo
Apollo, Dewa nubuatan, musik dan penyembuhan, memberikan kebijaksanaan sebagai perantara antara dewa dan manusia. Dengan kepandaian yang tinggi, bagai anak panah yang lepas dari busurnya, dikisahkan dia adaalah dewa pertama yang mengajar manusia seni pengobatan dan penyembuhan termasuk lewat musik. Ia dianggap membantu manusia mencapai potensi sepenuhnya dengan anugerah pencerahannya. Selama perang Troya, dipercaya bahwa Apollo berpihak dan menolong prajurit Hector di medan laga. Saat genting, ia lepaskan anak panah berapi ke orang-orang Yunani dari kereta perangnya di langit.
Berabad-abad kemudian, ketika manusia menjelajahi angkasa dengan tepat mereka menamakan misi ke bulan: Apollo, nama dewa yang mengilhami manusia untuk mencapai angkasa.

Sejarah Dracula

Sejarah Dracula,Selama perang salib, wallachia menjadi rebutan antara kerajaan Hungaraia dan Turki Ottoman, pada masa Vlad II berkuasa di wallachia, Vlad II memiliki tiga orang anak (Mircea,Dracula dan Randu) Vlad II memihak kerajaan Hungaria.
Setelah Wallachia berhasil ditakhlukkan oleh Sigismund ( Raja dari kerajaan Hungaria ) dan kemudian digantikan oleh John Hunyandi, Vlad II memihak kepada kesultanan Turki Ottoman, dan sebagai jaminan atas kesetiaannya kepada kesultanan Turki ottoman, Vlad II mengirimkan Dracula dan Randu ke Turki.

Riwayat Dracula
Vlad Tsepes III ( 1431 – 1475 M ) atau yang lebih populer dengan nama Dracula dilahirkan di Transylvania, Rumania. Ia merupakan anak Ke 2 dari Vlad II dan Cneajna, seorang putri dari Moldavia
Masa kecil Dracula memang tidak berlangsung lama, diusianya yang ke 11 ia harus menjadi jaminan kesetian ayahnya kepada kesultanan Turki ottoman, ia dan adiknya Randu harus dikirim ke Turki.

Awal Kekuasaan Dracula
Setelah perang Verna, terjadi konflik antara Vlad II dan John Hunyadi, yang berujung pada kematian Vlad II dan Mircea, kakak Dracula. Melihat perubahan politik di Wallachia tersebut, maka sultan Turki ottoman Mehmed II mengirimkan Dracula pulang ke wallachia untuk merebut tahta.
Dracula kembali ke Wallacia dengan di kawal 8000 prajurit Turki ottoman. sesampainya di Tirgoviste ( ibu kota wallachia ) terjadi pertempuran antara pasukan Vlasdisav dengan pasukan Dracula, yang akhirnya di menangkan oleh pasukan Dracula dan menempatkan Dracula sebagai penguasa Wallachia.

Awal Kekejaman Dracula
Setelah berhasil menduduki tahta, Dracula membantai prajurit Turki ottoman yang tersisa dengan cara di sula, hal tersebut menjadi salah satu penyebab permusuhan antara Dracula dan Sultan Mehmed II.
Sebagai panglima salib di Wallachia, Dracula telah membantai kurang lebih 23.000 umat islam baik tentara maupun rakyat, dengan peperangan maupun dengan metode sula ( impaler ), setelah tindakan tersebut Dracula mengirimkan surat kepada raja Hungaria saat itu ( Matthias Corvinus ) untuk meminta dukungan dari kerajaan Hungaria untuk melawan Turki Ottoman.

Serangan Tengah Malam ( The Night Attack )
Tindakan Dracula yang membantai 23.000 tentara Turki Ottoman, membuat sultan Mehmed II menyatakan perang kepada Dracula. Pada tanggal 17 Mei 1462 M Sultan Mehmed II ( sang penakluk konstatinopel ) mengirimkan 60.000 tentara ditambah 30.000 tentara non reguler. Sedangkan tentara Dracula mencapai 30.000 prajurit, melihat jumlah pasukan yang tidak berimbang, dracula melakukan strategi perang grilya (Hit and Run)
Pada serangan tengah malam pasukan dracula yang berkekuatan 10.000 orang berhasil mendesak pasukan Turki ottoman, tetapi dapat dipukul mundur pada saat fajar tiba, atas kekalahan tersebut pasukan dracula mundur ke benteng Poenari, dracula melarikan diri dari kepungan pasukan Turki ottoman yang di pimpin oleh Randu ( adik kandung dracula )ke Hungaria, dengan melarikandirinya Dracula, Randu dengan mudah merebut benteng Poenari dan merebut tahta Wallachia.

Kematian Dracula
Pada Desember 1476 Terjadi pertempuran antara pasukan salib dengan dengan pasukan muslim ( Turki ottoman )dimana pertempuran tersebut terjadi di daerah Snagov, dalam pertempuran tersebut pasukan Dracula dapat dikalahkan, dan Dracula ( Vlad III ) tewas dalam pertempuran tersebut, kepalanya di penggal dan di bawa ke Turki sebagai bukti kematiannya (http://misteridunia.wordpress.com/2008/09/22/sejarah-dracula/)

Material Mesin dan Rangka Suzuki Lebih Kuat?


 
Secara kualitas, skubek Suzuki lebih mumpuni. Seperti komentar para mekanik balap. Baik itu kualitas mesin atau sasis. Misal material kepala silinder. Paling keras dibanding skubek merek lain.

“Coba saja sampeyan korek head matik Suzuki menggunakan tuner. Pasti lebih keras dibanding Yamaha atau Honda,” jelas Sefri, mekanik Suzuki TOP 1 BRT KYT IRC Chia Felix.

Termasuk sasis skubek Suzuki. Paling berat karena menggunakan pipa yang lebih tebal. Padahal kalau dibanding merek lain, harusnya tidak jauh berbeda. 

Yang membuat matik Suzuki kurang diminati, mungkin hanya karena faktor promosi. Mungkin yang sudah mereka lakukan tidak segencar pabrikan lain. Padahal secara kulaitas produk diyakini tidak jauh berbeda.

Faktor lain bisa jadi karena desain. Pabrikan lain mungkin lebih diminati konsumen lokal.

Jumat, 03 Juni 2011

Menaikan Performa Yamaha Byson


  Secara penampilan, tak ada yang meragukan Yamaha Byson sangat kekar, macho banget deh. Tapi kalau bicara performa, “Smooth banget di putaran bawah hingga menengah,” terang Dwi Hadistian, pemakai Byson yang tergabung dalam klub Byonic. Intinya performa kurang mendukung kegarangan tampangnya deh.

Makanya banyak pemilik yang melakukan upgrade performa. Nah kalau mau ikutan ngencengin tunggangan 150 cc ini, tapi dana terbatas tak perlu khawatir. Ada jurus Juphe (Jurus Upgrade Performa Hemat) dari Romi Rozet, pemilik bengkel bernama Std 4 Speed.

“Kendati hemat, tapi hasilnya mantap, performa beda jauh dibanding standarnya,” puas Dwi, sapaan Dwi Hadistian. Oh iya, dibilang hemat lantaran part berikut jasa hanya dipatok Rp 700 ribu. Wah apa saja tuh yang diubah oleh Abi (Sapaan Romi) ya?

Paling utama yang dioprek bagian pengatur buka-tutup klep, yaitu noken as. Bertujuam meningkatkan suplai bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Efeknya power meningkat, nafas mesin pun lebih panjang.

Lift dinaikkan 1 mm dengan memapas bagian pantat kem, sekalian durasi dibikin lebih lama. Tepatnya in jadi 270º sedang ex hanya 250º. Setelan klep dipatok 0,08 dan 0,12 mm. Jangan khawatir klep bertabrakan, tetap aman lantaran posisinya menyilang, gap dengan piston juga jauh.

Karena hanya ubah kem, “Mesin tak perlu turun, hanya buka cover head,” terang pebengkel di Jl. H. Asnawi No. 71, Beji, Depok, Jabar. Nah biar lebih cepat, Abi lebih suka dengan cara tukar kem. Kem yang sudah diolah dipasang, sedang milik motor diambil sebagai gantinya. Dan dijamin barangnya orisinal. Pantas jika pengerjaan tak lama, hanya hitungan jam.

Efek pemakaian kem baru, pembakaran jadi kurang optimal. Mengimbanginya spuyer mesti naik satu step. Pilot jet dari 15 jadi 17,5, sedang main jet dari 112,5 jadi 115. Lalu busa filter dilepas untuk melancarkan udara yang masuk, tapi boks tetap terpasang utuh. Negatifnya kotoran gampang masuk, mesti lebih rajin servis lo.

Kelar menaikkan tenaga di ruang bakar, pebengkel berumur 36 tahun ini memperbaiki bagian penyaluran tenaga. Pertama kampas kopling andalkan milik Yamaha Scorpio. Perbedaan terletak di kampas yang lebih lebar-lebar. “Jadi lebih menggigit,” ujarnya dengan mantap.

Biar enggak mubazir, per juga diganti dengan rancangannya.....?(gak jelas nih apa). Batang per sedikit lebih besar, namun ulir lebih sedikit. Perbedaan utama saat terpasang daya dorong sedikit lebih kuat, sangat terasa di handel kopling yang lebih kenyal, sehingga penyaluran tenaga lebih maksimal.

Keluhan Seputar Yamaha Byson Dan Solusinya


Soal tampilan tak banyak dipungkiri Yamaha Byson punya segudang kelebihan. Tampang macho jelas jadi pilihan utama rider yang tak sekadar mencari alat transportasi, tapi juga gaya. Namun segala keunggulan tadi, ternyata tak sedikit pembesutnya mengeluhkan beberapa masalah. Meski tak begitu besar. Berikut hasil investigasinya.


Byson lansiran awal merupakan hasil produksi India. Beda dengan keluaran sekarang yang sudah murni diproduksi di Tanah Air. Walau beda negara pembuat, tapi bukan berarti beda kualitas, lo. Hanya memang ada beberapa problem yang masih bisa diklaim ke dealer.
 


"Paling awal ada beberapa anak klub yang mengalami patah per kopling, letaknya ngumpet di sisi kiri mesin (Gbr.1). Namun ganti part seharga Rp 20.500, ini juga masih digaransi dealer," terang Hendrianto Prabowo, salah satu pemilik yang doyan ngulik. Penyebab utamanya belum ketahuan, bisa jadi sumber utama per kopling patah akibat pemakaian yang kurang tepat, atau kualitas per yang kurang.


Penyakit lain juga perlu penelusuran lebih lanjut. "Ada pemiliknya yang kurang puas dengan setelan klep. Terlalu longgar yang bikin tarikan kurang bertenaga (Gbr.2)," papar Ari Tristianto, pemilik bengkel Dinamika Motor Sport di Jl. Jatikramat No.53H, Bekasi. Bisa jadi akibat produksi yang melewati angka ribuan, walau untuk mengatasinya kini sudah banyak bengkel yang bisa mengerjakan alias tak perlu ke dealer resmi.


Hasil penelusuran juga mendapatkan rembesan oli yang mengalir dari tutup bak oli (Gbr.3). "Mengatasinya mudah, tinggal ganti O-ring yang harganya di kisaran Rp 2 ribuan," ucap Helmi Wijaya, pemilik Byson lansiran 2010 warna biru. Sumber kebocoran biasanya setelah dipakai perjalanan dalam jangka waktu lama.
 


Tak hanya rembesan di tutup bak oli yang mudah mengatasinya, pada sokbreker bagian depan juga tak jarang kerap terdapat rembesan oli. "Asalnya dari sil sokbreker depan yang harus diganti di dealer," sambung Hendrik, panggilan akrab Hendrianto yang baru saja lulus kuliah.


Sekarang giliran rasa berkendara yang terpengaruh. Sumber utamanya per monosok belakang yang dirasa terlalu keras (Gbr.4). Terasa kurang nyaman aja ketika ketemu jalan keriting atau bergelombang.


"Tapi lagi-lagi harganya enggak ketahuan karena bisa langsung ganti di dealer," sambung Hendrik, warga Cililitan, Jaktim. Spesifikasi per keluaran lama dengan yang baru punya perbedaan tingkat kekerasan. Yang jelas per sok keluaran terbaru lebih empuk.


Enaknya, beragam masalah yang ditemui tak membuat pemiliknya kapok ataupun enggak percaya diri. "Tenang karena tinggal bawa ke bengkel resmi, semuanya masih bisa klaim garansi,"

Rabu, 01 Juni 2011

Ganti Busi Tiap 5.000 Kilometer!


 
Ada ungkapan, busi tak perlu diganti. Gosok ujung elektroda dengan ampelas, lalu rapatkan kaki sesuai standar, pasti oke lagi!

"Pada beberapa kasus, cara ini masih bisa dilakukan. Terutama kalau lagi bokek. Tapi, sejatinya, busi harus diganti secara berkala. Misalnya tiap 5.000 kilometer. Sebab, kelamaan, selain elektroda habis, hambatannya juga makin tinggi," jelas Dodi Herdianto, manajer marketing PT Denso Sales Indonesia.

Busi sudah tidak baik ditandai dengan mesin mbrebet. Susah dihidupkan. Karena pembakarannya sudah tidak lagi sempurna.

Jika ganti, meski merek beda, speknya kudu sama. Perhatikan rentang panas dan ukuran derat. "Juga perhatikan apakah ada kode 'R'. Sebab ini tandanya busi dengan resistor. Jika beda, pengapian tidak sempurna," tegas Dodi.

Gantilah busi saat mesin dingin. Lalu, memuntirnya jangan terlalu keras. Sebab, setelah panas, ring busi mengikat sendiri dengan mesin. Lalu silakan kencangkan lagi sedikit.

Bersihkan Keran Bensin, Paling Jarang Dilirik Tapi Vital!


 
Keran bensin sering jadi komponen terlupakan saat bebersih. Sementara tangki dikuras dan karburator diservis, keran tidak dilirik. Padahal, kotoran dari bahan bakar akan hinggap ke komponen ini.

Pada keran bensin, ada dua mekanisme penyaringan. Yaitu di bagian yang mengalirkan bensin cadangan. Kedua, di bagian tampungan di bawah bodi keran.

Kotoran dari tangki makin sering masuk ke karbu jika kita sering pakai jalur cadangan (reserve) saat membuka keran. Sebab, kotoran di dasar tangki akan masuk ke keran bensin lalu terjun ke karburator.

Membersihkan keran baiknya bareng menguras tangki. Dengan melepas 2 baut penguncinya di tangki, keran bebas. Semprot saringan di jalur cadangan dengan angin kompresor bertekanan tinggi.

Lalu bongkar bodi bagian keran yang berfungsi sebagai tampungan. Biasanya pakai kunci pas 10 atau 12. Kuras kotoran di tampungan dan cuci saringan. Tapi, waspada saat merakit kembali. Karet seal harus dalam kondisi rapat.