Senin, 16 Mei 2011

Perawatan Rantai, Cuci Sebelum Di Lumasi



 Pakai pelumas khusus biar bersih
Rantai dan gir termasuk komponen berat bekerja. Tidak dibantu pelumasan luar, keduanya bersinggungan saat motor jalan. Belum lagi diganggu partikel di ruang terbuka yang mempercepat proses kerusakan. Wajar kalau rajin dirawat juga sering dicek agar keduanya tidak mudah berkarat, kendur atau terkikis.

“Selain cek, pastikan permukaan gir dan rantai bersih dari kotoran. Terutama ancaman dari air campur debu atau pelumas yang mengikat debu atau gram. Kalau memang kotor, segera dicuci agar tetap bersih,” terang Syahbani alias Ujang Bani mekanik Bani Motor.

Kalau di motor grasstrack rantai bisa dicuci air sabun sehabis balap. “Biar tanah dan lumpur lepas,” imbuh mekanik dari Jl. Kota Bumi Selatan, Tomang, Jakarta Barat.

 Di motor grastrack kotoran disapu bensin atau air sabun
Setelah rantai bersih jangan lupa memberikan pelumas khusus rantai. Maksudnya biar kedua komponen tidak cepat berkarat dan lapisan oli melindungi gesekan kembali.

"Pilih pelumas yang mudah menyerap hingga pori-pori juga tidak mengikat debu kotoran saat motor dipakai,” wanti mekanik karib disapa Bang Ujang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar