Senin, 18 Juli 2011

Bikin Enteng Tarikan Yamaha Byson


 
 

 Jurusnya pasang karburator Keihin PE28
Bagi Gery Aloysius Yesayas pemilik Yamaha Byson 2011, punya postur bongsor dan gagah mengaku masih kurang pas dengan performa Byson. Kurang galak saat buka gas cepat. Apalagi di jalur stop and go saat jam kerja.

“Pemilik Byson rata-rata mengeluhkan itu saat akselerasi. Termasuk saya,” aku warga Pondok Surya, Karang Tengah, Ciledug-Tangerang. Maka disiasati Gery dengan mempercepat proses pengkabutan gas bakar dari tipe vakum, dengan adopsi karburtor konvensional yang mengandalkan pada tarikan kabel gas.

Jurusnya pasang karburator Keihin PE28 yang diterapkan nggak asal templok di motor. "Cuma mesti bikin adaptor baru dulu buat dudukan karet intake," Sarjono alias Mas Sar mekanik bengkel SMR yang kebagian mengeksekusi. Kata Sarjono bisa gunakan adaptor intake punya bebek yang posisinya bisa diputar dan punya banyak lubang baut. Atau bikin dari bahan cor-coran babet.

“Syaratnya, tebal adaptor minimal 20 mm. Agar saat bongkar pasang mudah juga mudah memposisikan arah karbu saat dipasang,” lanjut pebengkel di Joglo Raya, No. 190, Kembangan, Ciledug.

Untuk penyesuaian, di bagian luar blok silinder ada sedikit tonjolan seperti sisa daging blok. Itu hanya perlu sedikit digerinda pakai bor tuner biar adaptor bisa nempel dengan rata. Kemudian buat 4 lubang baut 8 mm. Dua baut untuk mengikat adaptor, dua lagi untuk mengikat karet intake.

Berikutnya silakan lengserkan kabel gas bawaan Byson dengan kabel gas skubek Mio atau Jupiter-Z. “Pakai kabel ini bikin kinerja buka tutup gas lebih ringan saat digunakan. Cuma harus potong kabel gas Mio beberapa cm menyesuaikan panjang kabel yang salah satu ujungnya nyangkut ke skep karbu,” tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar