Selasa, 26 April 2011

Keuntungan dan kelemahan menggunakan gas nitrogen sebagai gas pengisi ban

Nitrogen (N2) adalah udara yang memiliki ukuran lebih besar dari Oksigen (O2) tetapi memiliki berat yang lebih ringan serta suhu yang relatif lebih stabil (dingin). Sekarang N2 sudah banyak di perjual belikan untuk isi ban tubeless, tentunya dengan berbagai kelebihan.
nitrogen gas yang tak mudah rembes di dalam ban
nitrogen
Selain pakai angin, kini beberapa toko ban dan bengkel juga menyediakan gas nitrogen (N2) untuk diisi ke dalam ban. , sekarang N2 sudah dapat ditemukan di berbagai kota.
Banyak keuntungan dengan memakai N2 ketimbang memakai udara biasa. Namun, harga untuk pengisian setiap ban cukup mahal dibandingkan dengan yang pakai udara biasa. Untuk satu ban pada motor berkisar antara Rp. 5.000 sampai Rp.15.000, sedangkan untuk mobil Rp.10.000 sampai Rp. 20.000. Tentunya dengan harga yang mahal N2 memiliki Keuntungan.

Keuntungan :
1. Tekanan ban terjaga lebih lama (menjadi lebih jarang mengisi ulang).
2. Daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal (akibat grip yang baik, tekanan yang tidak berkurang).
3. Menghemat BBM (tekanan tepat, meringankan kerja mesin).
4. Memperpanjang umur pakai ban (tekanan tepat, habisnya ban akan merata).

5. Meningkatkan keselamatan (tekanan tepat, grip dan stabilitas terjaga).
6. Tidak terjadi oksidasi pada karet ban (memperpanjang umur elastisitas karet ban).
7. Tidak membantu menimbulkan karat (aman bagi komponen besi).
8. Tekanan ban yang stabil terhadap temperatur ban (mengurangi kecelakaan akibat pecah ban - overpressure).


Kelemahan :

1. Harga yang masih mahal.
Umumnya berkisar sekitar 10ribu hingga 20ribu rupiah untuk setiap ban. Belum lagi ada tambahan biaya apabila sebelumnya gas pengisi ban tersebut bukan N2, karena harus dikuras terlebih dahulu untuk kemudian diisi gas N2. Biaya kuras berkisar sekitar 5ribu - 10ribu rupiah.
2. Perawatan.
Setiap kali ban sudah terisi oleh N2, maka selanjutnya jika tekanan berkurang, sangat disarankan untuk menambahkannya dengan N2 juga.
3. Ketersediaan.
Belum banyak bengkel ban yang menyediakan jasa pengisian N2.

5 komentar:

  1. mohon pencerahannya,. saya coba isi N2 pada motor matic tapi kenapa tarikan motor jadi sangat berat ya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dikarenakan tekanan N2 nya kurang tepat mas..

      Hapus
  2. kalau ban motrnya bukan tubless apa bisa di isi nitrogen?
    .mhon informasinya

    BalasHapus
  3. kalau ban motrnya bukan tubless apa bisa di isi nitrogen?
    .mhon informasinya

    BalasHapus