Jumat, 22 April 2011

Tubeless Pelek Jari-Jari Tetap Andalkan Ban Dalam


Dibelah dan dipasang terbolak alias terbalik
Harnovis
punya cara sederhana bikin ban tubeless tapi masih tetap pakai pelek jari-jari. Tentu ada jurus rahasianya. Avis, panggilan akrab Harnovis, mengandalkan ban dalam. Juga tanpa perlu pakai perekat supaya angin tidak keluar dari sela pelek jari-jari.

“Tinggal perbandingan ukuran ban dalam. Misal, pelek diameter 17 inci atau 18 inci pakai ban dalam 14 inci. Prinsipnya menutup celah udara keluar,” ungkap Avis yang bertindik dari Katerili Jaya Motor (KJM) di Jl. Giring-Giring L, 33, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sebelum ban dalam untuk tubeless, pelek aluminium jari-jari juga jadi syarat. Terutama, dinding pinggir sebagai pijakan kaki ban kudu tinggi. Itu supaya ban dalam yang dirancang ulang bisa punya area cengkraman lebih lebar.

Baru deh gunting ban dalam dan dibelah dua. Kalau pelek sudah dikasih bantalan dari ban dalam bekas, tinggal pasang yang sudah dibelah tadi.

Pasang ban dalam yang dibelah terbalik. Permukaan yang seperti ditaburi bedak ke bagian dalam pelek. Arahkan pentil ban dalam ke lubang pelek jari-jari.

“Lanjut pasang ban tubeless. Isi angin dulu. Kalau sudah dipasang, pastikan ada bagian ban dalam keluar dari bibir pelek. Tinggal digunting sambil ditarik biar lebih nempel ke dalam pelek,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar